Headlines News :
Home » » Pengertian dan Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer

Pengertian dan Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer

Written By Arwani Muhammad on Tuesday, January 8, 2013 | Tuesday, January 08, 2013

Pengertian dan Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer | Pada kesempatan ini saya sedikit akan mengshare ilmu tentang Materi TKJ (Teknik Komputer  dan jaringan), kali ini mengenai Topologi Jaringan. Biasanya materi ini di berikan saat semester 3 sampai terakhir, karena materi ini merupakan materi dasar dari Jaringan Komputer yang pastinya wajib di kuasai oleh anak-anak Tkj. Tanpa panjang lebar.. yukk kita masuk ke materinya.



Topologi Jaringan Komputer 

Topologi Jaringan adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainya sehingga membentuk sebuah Jaringan. Cara yang saat ini banyak di gunakan adalah Bus, Token Ring (Cincin), Star (Bintang). Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurannya sendiri. 

Berikut Adalah Topologi Jaringan Komputer yang paling banyak di gunakan :

1. Topologi Bus

Pada Topologi ini digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel Pusat dimana seluruh Workstation dan Server dihubungkan. Merupakan Topologi fisik yang mengunakan Kabel Coaxial dengan mengunakan T-Connector dengan terminal 50 omh pada ujung Jaringan. Topologi Bus mengunakan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup dimana sepanjang kabel terdapat node-node.
Untuk mengetaui Lebih lanjut Topologi Bus kalian bisa baca Link di bawah ini..
Pengertian Kekurangan dan Kelebihan Topologi Bus

Di dalam Topologi Ring semua Workstation dan Server dihubungakn sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap Workstation atau Server akan menerima dan melewatkan Informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya, bila alamat-alamat yang di maksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan di lewatkan.
Untuk mengetaui Lebih lanjut Topologi Bus kalian bisa baca Link di bawah ini..
Pengertian Kekurangan dan Kelebihan Topologi Token Ring (Cincin)
3. Topologi Star

Pada Topologi Star, masing-masing Workstation dihubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Swich. Hub/Swich berfungsi menerima sinyal -sinyal dari komputer dan meneruskannya ke semya komputer yang terhubung dengan Hub/Swich tersebut. Jaringan dengan Topologi ini lebih mahal dan cukup sulit pemasangannya . Setiap komputer mempunyai kabel sendiri-sendiri sehingga lebih mudah dalam mencari kesalahan pada jaringan. Kabel yang digunakan biasanya menggunakan Kabel UTP CAT5.
Untuk mengetaui Lebih lanjut Topologi Bus kalian bisa baca Link di bawah ini..
Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan Topologi Star
4. Topologi Mesh

Jaringan dengan Topologi Mesh mempunyai jalur ganda dari setiap peralatan di jaringan komputer. Semakin banyak komputer yang terhubung semakin sulit untuk pemasangan kabelnya. Karena itu, Topologi  Mesh yang murni, yaitu setiap peralatan dihubungkan satu dengan yang lainya.
Untuk mengetaui Lebih lanjut Topologi Bus kalian bisa baca Link di bawah ini..
Pengertian Topologi Mesh Dalam Jaringan Komputer
5. Topologi Hybrid
 
Hybrid Network adalah Network yang dibentuk dari berbagai Topologi dan Teknologi. Sebuah Hybrid Network mungkin sebagai contoh, diakibatkan oleh sebuah pengambilan alihan suatu perusahaan. Sehingga, ketika di gabungkan maka teknologi-teknologi yang berbeda tersebut harus digabungkan dalam network Tunggal. Sebuah Hybrid metwork memiliki semua Karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut.
Demikian Artikel mengenai Pengertian dan Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer .. Bila ada Tutur kata yang kurang Pas saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata saya ucapkan Terimakasih dan Wasalamualaikum Wr. Wb.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger