Headlines News :
Home » » Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Written By Arwani Muhammad on Tuesday, January 8, 2013 | Tuesday, January 08, 2013

Menurut Sejarah pada jaman dahulu kala wilayah Indonesia yang dahulu disebut Nusantara Luas wilayahnya sangat luas hingga meliputi Malaysia, Brunai Darussalam,Philipina dan juga Thailand. Sejak jaman pra sejarah penduduk Nusantara yang terdiri dari beberapa pulau dan terkenal sebagai pelaut yang handal sehingga di wilayah nusantara sejak awal Masehi sudah ada rute pelayaran dan perdagangan antar pulau bahkan di selitar Malaka sejak masa itu merupakan wilayah yang menjadi perhatian karena melimpahnya hasil bumi yang di hasilkan sehingga menarik bagi para pedagang,dan menjadi daerah lintasan antara Cina dan India. Sehingga membuat para pedagan dari Timur Tengah banyak yang datang ke wilayah Nusantara, mereka tidak hanya membeli atau menjual barang dagangan saja, tapi ada sebagian pedagang yg berupaya menyebarkan agama Islam di Indonesia (Nusantara). Dengan demikian agama Islam sudah ada di Nusantara bersamaan dengan datangnya para Pedagang dari Arab tersebut, walaupun tidak menyeluruh ke wilayah Nusantara.
Tetapi masih menjadi perdebatan oleh para ahli sejarah,dan banyak sekali sejarawan yang mengupas tentang asal usul masuknya Islam di Indonesia.
Dibawah ini adalah tiga teori masuknya islam di Indonesia
Teori Pertama menyebutkan bahwa Agama Islam Masuk di Indonesia berasal dari Persia.
Teori ini didukung oleh adanya perkumpulan orang2 persia sejak abad ke 15 diwilayah Aceh. Dan juga dengan pengaruh yang jelas dalam kosa kata kesusateraan Melayu. Di kuatkan lagi dengan kedatangan Ulama Besar asal Persia di Kerjaan Samudera Pasai yang bernama Al-Qadhi Amir Sayyid as-Syirazi.
Teori Kedua menyebutkan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia berasal dari negara India.
Teori ini didukung dengan Kesamaan Mazhab yang dianut Kaum Muslimin Indonesia dan di Gujarat (India), selain itu juga di temukan kesamaan antara batu nisan di Cambay Gujarat dengan batu nisan yang tertulis di Pasai dengan tanggal 17 zulhijah 831 H / 27 September 1428 M dan batu nisan Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik)
Teori Ketiga menyebutkan Agama Islam masuk ke Indonesia berasal dari Mesir. Ini berdasarkan teori yang menyebutkan bahwa ada persamaan Mazhab antara Indonesia dan Mesir yaitu Mazhab Syafi'iyah.
Tetapi pada umumnya para ahli sejarah di Indonesia setuju dengan Teori Pertama yaitu dari Tanah Arab.
Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai Sejarah Masuknya Agama Islam di Indonesia
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger