Headlines News :
Home » » Tips Menggunakan Earphone dengan Aman

Tips Menggunakan Earphone dengan Aman

Written By Arwani Muhammad on Wednesday, December 19, 2012 | Wednesday, December 19, 2012

Earphone merupakan alat pengeras suara berukuran kecil yang dipakai di telinga. Selain digunakan untuk pemutar musik seperti MP3 player atau MP4 player , earphone juga memiliki kegunaan lainnya seperti sebagai alat pelengkap komunikasi pada ponsel.

Menggunakan earphone memudahkan kita dalam menikmati musik tanpa mengganggu orang lain. Selain itu earphone juga memudahkan kita dalam berkomunikasi menggunakan telepon meski sedang berkendara.

Namun, dibalik semua keuntungan itu, earphone ini juga mempunyai efek yang buruk untuk kesehatan. Ternyata selain bisa membantu kita, earphone ini juga mengandung banyak dampak negatif.

Hal itu diperkuat dengan hasil beberapa penilitian yang dilakukan di Eropa, dimana banyak anak muda yang mengalami gangguan pendengaran karena earphone ini. Hal demikian dinamakan listener fatique. Tetapi jangan khawatir, hal ini dapat dihindari dengan menggunakan alat ini dengan baik dan benar.

Berikut beberapa tips aman menggunakan earphone:

  1. Pilihlah earphone yang paling cocok dengan telinga kita. Sebelum membeli earphone, kita bisa memilihnya terlebih dahulu. Apakah earphone itu nyaman atau tidak saat digunakan sehingga tidak membuat daun telinga sakit dan lecet.
  2. Jangan pasang volume pada maksimal. Jangan sekali-kali mendengarkan musik dengan earphone di volume suara yang tinggi atau keras. Karena hal itu hanya akan merusak fungsi pendengaran .Dimana frekuansi lazim di dengar manusia berkisar 20 Hz sampai 20 KHz, meski ada beberapa yang berfrekuensi di atas itu.
  3. Jangan terlalu lama menggunakan earphone .Gunakanlah earphone dengan waktu yang wajar. Kita bisa mengistirahatkan telinga antara ½ sampai 1 jam. Apabila menggunakan earphone secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan telinga akan mengalami rusak permanen.
  4. Jangan gunakan di tempat bising (ribut/ramai) .Dianjurkan untuk tidak mendengarkan musik menggunakan earphone di tengah keramaian. Karena ada kemungkinan akan meningkatkan volume agar tidak terganggu oleh kebisingan itu. Padahal hal itu akan membuat pendengaran mengalami kerusakan.
  5. Jangan dipasang terlalu rapat .Untuk mengurangi tegangan pada gendang telinga, sebaiknya tidak menutup telinga terlalu rapat saat menggunakan earphone. Jika terlalu rapat itu akan menambah beban pada gendang telinga dan bisa saja telinga akan menjadi sakit dan kepala menjadi pusing. Karena saat menutup telinga dengan earphone terlalu rapat, maka lubang telinga akan hampa udara dan dapat mengganggu pendengaran .
  6. Pilih earphone yang mempunyai banyak fasilitas untuk melindungi telinga .Kita bisa memilih earphone dengan berbagai keunggulan. Misalnya earphone yang ada lapisan seperti lensa pada ujung earbundnya. Lapisan itu juga berguna untuk meredam gelombang tekanan pada gendang telinga.

Menggunakan earphone memang sudah menjadi trend, namun jangan sampai terlena dengan gaya hidup yang salah dengan kebiasaan menggunakan alat ini secara berlebihan yang akan menyebabkan pendengaran menjadi rusak.

(Dikutip dari berbagai sumber)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger