Headlines News :
Home » » PENGERTIAN SUNNAH

PENGERTIAN SUNNAH

Written By Arwani Muhammad on Wednesday, January 23, 2013 | Wednesday, January 23, 2013

1. SECARA BAHASA Ø السنة لغة الطريقة Sunnah adalah jalan[1] Ø السنة : هي الطريقة المتبعة في الخير والشر Sunnah adalah jalan yang diikuti baik didalam kebaikan dan keburukan[2] Ø السنة الطريقة والسيرة Sunnah adalah jalan dan sejarah[3] Ø قال الأزهري: "السنة الطريقة المحمودة المستقيمة Al azhari berkata : sunnah itu adalah jalan yang terpuji lagi lurus.[4] 2. SECARA ISTILAH Di dalam pengertian sunnah menurut istilah, terdapat perbedaan pendapat dikalangan para ulama. Hal ini disebabkan karena perbedaan latar belakang, persepsi, dan sudut pandang masing-masing terhadap diri Rasulullah SAW. Berikut ulasannya : a. Menurut Ahli Tafsir Ø السنة هي من جملة ما علمه اللّه غير القرآن ، وهو لا ينطق عن هوى ، وهي من حيث اللفظ مرادفة لكلمة Øsunnah itu adalah kata kata yang diajarkan oleh alloh dari selain alquran, dan ia tidak mencangkup tentang hawa’. Dan sunnah itu dari segi lafadz sama dari kalimat.[5] Ø قال من قال من السلف إن السنة هي تأويل الأمر Dan dikatakan dari beberapa salaf bahwasanya sunnah itu adalah : penjelasan dari suatu perkara[6] b. Menurut Ulama Hadits هي ما أثر عن النبي صلى الله عليه وسلم من قول أو فعل أو تقرير أو صفة خَلْقية أو خُلُقية ، أو سيرة ، سواء كان قبل البعثة أو بعدها Sunnah adalah : “Segala yang bersumber dari Nabi SAW. Baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, perangai, budi pekerti, perjalanan hidup, baik sebelum diangkat menjadi rasul maupun sesudahnya”.[7] c. Menurut Ulama Ushul ما صدر عن النبي صلى الله عليه وسلم غير القران من قول أو فعل أو تقرير Sunnah adalah : apa apa yang disandarkan dari nabi SAW selain alquran dari perkataan, perbuatan, ataupun ketetapan.[8] d. Menurut ulama aqidah Ada beberapa qoul dalam pengertian sunnah menurut aqidah yakni : Ø السنة هي ما كان عليه رسول الله صلى الله عليه وسلم وأصحابه اعتقادا واقتصادا وقولا وعملا Sunnah adalah : apa apa yang berasal dari rosululloh SAW dan para sahabat secara kepercayan, iqtishod, perkataan, dan perbuatan.[9] Ø أن السنة هي ما صح واشتهر واستفاض في عهد رسول الله وأصحابه رضي الله عنهم وتابعيهم وبلغنا متواترا أو مشهورا من غير معارضة ولا شبهة مثل الايمان بالاقدار لتواتره في الأخبار والآثار Bahwasany sunnah adalah : segala sesuatu yang benar, dan masyhur (terkenal) dan tersebar luas ketika masa rosululloh dan para sahabat-sahabatnya ra. Dan para tabi’in kemudian sampai kepada kita dengan mutawatir (tersambung terus menerus sanadnya) ataupun hanya beberapa periwayat tanpa ada protes dan syubhat seperti iman kepada takdir dengan sanad yang tersambung didalam kabar kabar serta atsar atsar.[10] e. Menurut Ahli Fiqih ما ثبت عن نبي صلى الله عليه وسلم من غير وجوب,فهي أحدغير الأحكام التكليفية الخمسة : الواجب,الحرام, والسنة, المكروه, والمباح و قد يستعجملونها في مقابل البدعة, فيقولون : الطلاق السنة كذا , و طلاق البدعة كذا. Sunnah adalah : apa apa yang di tetapkan dari nabi SAW dari selain kewajiban. Yakni salah satu dari 5 hukum yang di bebankan kepada yang mampu yakni : wajib, harom, sunnah, makruh, dan mubah. Dan mereka menggunakannya bergantian dengan kata bid’ah, mereka berkata : tolak sunnah seperti ini, talaq bid’ah seperti ini.[11] Adapun para 4 imam besar pun berbeda dalam pengertian sunnah berikut perkataan mereka : a. Menurut imam malik تعريف السنة : هي ما طلبه الشارع وأكد أمره ولم يقم دليل على وجوبه . ويثاب فاعلها ولا يعاقب تاركه Pengertian sunnah adalah : apa apa yang di minta oleh pembuat syari’at dan menekankannya (urusannya) namun tidaklah terdapat dalil yang mewajibkannya. Dan bagi si pelaku akan mendapatkan ganjaran, dan bagi yang meninggalkannya tidak akan mendapatkan hukuman. [12] b. Menurut imam syafi’i َنَّ السُّنَّةَ هِيَ الطَّرِيقَةُ الْمُتَّبَعَة Sunnah adalah : sebuah jalan yang diikuti[13] c. Menurut imam hambali السنة هي دليل على ظاهر الآية Sunnah adalah : dalil terhadap penjelasan suatu ayat.[14] d. Menurut imam hanafi السُّنَّةَ هِيَ الْبُدَاءَةُ من الْمَيَامِنِ Sunnah adalah : pendapat /pikiran yang mengandung berkah[15] Dan dikatakaan lagi dalam sebuah kitab : السنة هي الطريقة المسلوكة في الدين فهي في نفسها عبادة Sunnah itu adalah sebuah jalan yang di tempuh, yakni di dalamnya mencangkup ibadah.[16] 3. Beberapa Perkataan Ulama Mengenai Pengertian Sunnah a. Syaikhul Islam Ibnu Timiyah rahimahullah menyatakan : "Sunnah adalah sesuatu yang ditegakkan di atas dalil syari'at, yakni ketaatan kepada Allah dan RasulNya, baik itu perbuatan beliau, atau perbuatan yang dilakukan di masa hidup beliau, atau belum pernah beliau lakukan dan tidak pula pernah dilakukan di masa hidup beliau karena pada masa itu tidak ada hal yang mengharuskan itu dilakukan pada masa hidup beliau, atau karena ada hal yang menghalanginya"[17] b. Al-Hafizh Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menyatakan : "Sunnah adalah jalan yang dilalui, termasuk diantaranya adalah berpegang teguh pada sesuatu yang dijalankan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dan para Al-Khulafa Ar-Rasyidun, berupa keyakinan, amalan dan ucapan. Itulah bentuk sunnah yang sempurna"[18] c. قال ابن رجب: "السنة هي الطريق المسلوك؛ فيشمل ذلك التمسك بما كان عليه النبي صلى الله عليه وسلم وخلفاؤه الراشدون، من الاعتقادات والأعمال والأقوال، وهذه هي السنة الكاملة، ولهذا كان السلف قديمًا لا يطلقون السنة إلاّ على ما يشمل ذلك كله، وروي ذلك عن الحسن والأوزاعي والفضيل بن عياض Ibnu rorojab berkata : sunnah adalah jalan yang ditempuh, dan mencangkup didalamya berpegang teguh kepada nabi SAW dan khulafaaurrosyidin, dari keyakinan keyakinan, dan amaliyyah serta perkataan perkataan mereka. Dan yang seperti ini adalah sunnah yang sempurna, oleh karenanya para salaf terdahulu tidak menolakk sunnah, kecuali mereka mengambibl atas apa yang mencangkup itu keseluruhan. Diriwayatkan oleh al hasan dan al auzaa’I dan al fudhail bin ‘ayadh.[19] 4. Kesimpulan Dalam pengertian sunnah yang telah dipaparkan oleh banyak ulama diatas, maka kami mengambil kesimpulan tentang makna dari sunnah yang kami kutip dari pengertian sunnah menurut ahul hadits yakni : Segala yang bersumber dari Nabi SAW. Baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, perangai, budi pekerti, perjalanan hidup, baik sebelum diangkat menjadi rasul maupun sesudahnya”.[20] WALLOHU A’LAM BISHOWAB. Referensi : 1. Qowa'id litahdits min funuuni, mushtholah hadits (maktabah syamilah-belum dikeluarkan pengarangnya) 2. Tafsir assam'aani oleh أبو المظفر منصور بن محمد بن عبد الجبار السمعاني 3. Annihayah oleh ibnu katsir 4. Tahdzibulullughoh oleh الأزهري 5. Bayan al ma'ani oleh ملا حويش آل غازى عبد القادر 6. Al ikliil fielmutasyabih wa ta'wil (maktabah syamilah-belum dikeluarkan pengarangnya) 7. Tarikh tasyri’ al islami oleh mana’ul qothn 8. Fiqh al 'ibadaats _malikiy (maktabah syamilah-belum dikeluarkan pengarangnya) 9. Al haway fie fiqh asyafi'i (maktabah syamilah-belum dikeluarkan pengarangnya) 10. Masaail ahmad bin hambal riwayatan ibnuhu 'abdillah تحقيق زهير الشاويش 11. Albahru arrooiq oleh زين الدين ابن نجيم الحنفي 12. Haasyibah ibn 'aabidain (maktabah syamilah-belum dikeluarkan pengarangnya) 13. Majmu' al-fatawa oleh ibnu taimiyah 14. Jami'ul ulumiwal hikam (maktabah syamilah-belum dikeluarkan pengarangnya) 15. الكتاب : العقيدة الحموية الكبرى قاسمي (maktabah syamilah –belum dikeluarkan pengarangnya-) 16. لكتاب : إيثار الحق على الخلق في رد الخلافات الى المذهب الحق من أصول التوحيد المؤلف : محمد بن إبراهيم بن علي بن المرتضى بن المفضل الحسني [1] kitab : qowa'id litahdits min funuuni, mushtholah hadits, bab : tanbih, jus 1, hal 122 [2] kitab : tafsir assam'aani bab : tafsir surat al imron 139, juz 1,halaman 360 [3] النهاية لابن الأثير (2/409 [4] تهذيب اللغة (12/301 [5] kitab : bayan al ma'ani, bab : tafsir surat annisa, juz 5 hal 606 [6] kitab : al ikliil fielmutasyabih wa ta'wil, bab : al ikliil fiel mutasyabih wa ta'wil,juz 1 hal 7 [7] Tarikh tasyri’ al islami oleh mana’ul qothn hal 72 [8] ibid [9] الكتاب : العقيدة الحموية الكبرى قاسمي juz 1 hal 84 [10] لكتاب : إيثار الحق على الخلق في رد الخلافات الى المذهب الحق من أصول التوحيد المؤلف : محمد بن إبراهيم بن علي بن المرتضى بن المفضل الحسني ال juz 1 hal 311 [11] Ibid hal 71 [12] kitab : fiqh al 'ibadaats _malikiy, bab : al babu arrobi' : al fashl al awwal al , wudhu, juz 1, hal : 59 [13] kitab : al haway fie fiqh asyafi'I bab : 'addu hud al khomr wa man yamutu min, dhorbil imam, juz :13, hal 432 dan kitab : alhaawi fie fiqh asyafi'i, bab: bab 'adad hud al khomr wa man yamut min dhorbil imam, juz 13, hal : 432 [14] kitab masaail ahmad bin hambal riwayatan ibnuhu 'abdillah, bab : al jam'u baina imroata arrojul wa ibnatahu min ghoiriha, juz : 1, hal 305 [15] kitab albahru arrooiq, bab kitaab al janaaiz, juz 2, hal 186 al fatawa al hindiyah, bab al fashlu atsani fie al ghosl, juz 1 hal 158 kitab badai' al shonaai', bab fashl wa amma bayaan kaifiyah al ghosl, juz 1, hal 301 [16] kitab haasyibah ibn 'aabidain, bab muthlab fiesunnah wa ta'riifuha, juz 1, hal 103 [17] Majmu' Al-Fatawa oleh Ibnu Taimiyah XXI : 317 [18] Jami'ul Ulumiwal Hikam I : 120 [19] جامع العلوم والحكم (ص 262 [20] Tarikh tasyri’ al islami oleh mana’ul qothn hal 72
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger