Headlines News :
Home » » PIDATO MAULID NABI

PIDATO MAULID NABI

Written By Unknown on Monday, January 21, 2013 | Monday, January 21, 2013



Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Alhamdulillahi rabbil alamin wa shalatu wa salamu ala ashropil anbiayi wal mursalin, wa ala alihi wa ash habihi ajmain amma ba’du.
Tiada kata yang layak kita sanjungkan pada detik-detik ini melainkan sanjungan puja dan puji syukur ke hadirat allah swt. Karena atas berkat rahmat dan hidayah nya lah kita semua bisa berkumpul di tempat yang mulia ini. atas berkat nikmat nya pula kita semua dapat merasakan apa yang orang lain belum tentu dapat dirasakan.
Shalawat beserta salam semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada habibana wa nabiyana muhammad saw. Yang pada bulan ini kita peringati hari kelahirannya. Atas jasa beliau lah islam dapat menyebar ke seluruh dunia dan kita dapat merasakan keindahan islam. atas jasa nya pula kita semua dapat membedakan yang haq dan yang bathil sehingga kita bisa terhindar dari adzab dan siksa allah swt.
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada panitia maulid nabi yang bersusah payah menyiapkan segala persiapannya sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah sedikitpun.
Hadirin rahima kumullah.
Perlu hadirin ketahui, Sesungguhnya peringatan maulid nabi itu termasuk bid’ah, karena hal itu  tidak ada di zaman nabi. Namun bid’ah tersebut adalah bid’ah hasanah artinya bid’ah yang membawa kebaikan.  selama perayaan tersebut semata-mata berupa ungkapan syukur atas kelahiran nabi muhammad saw karena kelahirannya menjadi rahmat bagi seluruh alam.
Bertepatan dengan maulid kali ini, saya akan sedikit mengingatkan saudara sekalian tentang sejarah kelahiran nabi muhammad saw. Saya disini hanya sekedar mengingatkan, karena saya tahu mungkin saudara semua sudah banyak yang mengetahui hal tersebut. Mungkin pengetahuan saudara jauh lebih luas dari pada pengetahuan saya.
Hadirin rahima kumullah
Tepat pada tanggal 12 rabi’ul awal tahun gajah, atau 20 April tahun 570 masehi, pada malam yang gelap gulita lahirlah sebuah bintang yang sangat terang benderang menyinari malam yang gelap gulita. Ia adalah cahaya dalam kegelapan, ia adalah cahaya dalam dada. Cahaya nya semakin terang sampai berabad-abad setelah ia tiada. ia dikenal dengan nama muhammad. Seorang nabi yang sangat mulia yang diutus oleh allah.
Peristiwa kelahiran nabi muhammad dipenuhi beberapa  peristiwa-peristiwa luar biasa, mulai dari padam nya api di kerajaan persia, hancurnya sesembahan batu di sana, dan penyerbuan tentara bergajah untuk menghancurkan ka’bah di mekkah, namun tentara tersebut dihancurkan oleh burung ababil yang di utus oleh sang pemilik ka’bah. Sehingga tahun kelahiran nabi muhammad dikenal pula dengan tahun gajah. Itu semua telah menjadi pertanda yang luar biasa untuk menyambut lahirnya seseorang yang luar biasa pula.
Nabi muhammad dilahirkan dari seorang perempuan yang bernama siti aminah dan ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muthalib. Beliau dilahirkan ke dunia ini sudah dalam keadaan yatim, karena ayah nya sudah mendahuluinya 7 bulan sebelum kelahirannya.
Nabi muhammad adalah sosok yang penuh dengan suri tauladan yang layak untuk kita tiru. Beliau mengajarkan kepada kita bagaimana bertutur sapa yang baik, berdagang yang baik, bekerja yang baik, menjadi pemimpin yang bijaksana, menjadi suami yang bertanggung jawab, menjadi manusia yang patuh pada Allah, menjadi sahabat yang bisa dipercaya, pedagang yang jujur, ucapannya jujur, perangainya yang mulia, janji yang bisa ditepati. Dan lain sebagainya.
Nabi Muhammad adalah nabi yang terakhir diutus Allah ke bumi untuk menyelamatkan manusia dari jalan kesesatan. Baginda nabi adalah Rasul yang menjadi penerang dari jalan ke gelapan, yang mengangkat derajat wanita muslim, yang menghargai hak asasi manusia, Nabi muhammad adalah sosok pemimpin yang menggemparkan dunia. Pengaruhnya hingga ke pelosok bagian bumi jauh dari mekah termasuk Indonesia. Nabi Muhammad adalah nabi akhir zaman, tidak ada nabi setelah beliau. Beliau terus berjuang tanpa menyerah menyebarkan islam ke penjuru dunia, walaupun kaum kafir quraisy banyak yang menentangnya. Beliau dengan kesabaran nya terus berjuang sampai akhir hayatnya.
Sekian penjelasan tentang sekilas sejarah peristiwa kelahiran nabi muhammad saw. Semoga maulid kali ini membuat kita lebih cinta dan lebih menjunjung tinggi rasulullah . Yang selanjutnya rasa cinta tersebut dapat diamalkan dengan perbuatan. Misalnya dengan banyak bershalawat kepada nya, meneladani sifat-sifat nya yang mulia dan sebagainya. Dengan kisah yang dikemukakan diatas, semoga hadirin semua bisa mengambil hikmah nya. Semoga kita semua menjadi orang yang disayang oleh allah dan rasul nya muhammad saw. Insya allah  Amin
Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada detik ini, kesimpulannya adalah melalui maulid ini kita semua diharapkan bisa mengambil hikmahnya agar kita bisa menjadi lebih baik lagi dan lebih baik lagi, sehingga kita bisa menjadi manusia yang mulia dimata allah swt, seperti nabi muhammad saw. Amin
Sebelum kami tutup pembicaraan ini, saya sangat menyadari sekali  semua yang telah kami jabarkan tidak terlepas dari banyaknya kesalahan. kesalahan tersebut semata-mata adalah dari diri saya yang penuh dengan kekurangan. karena itu, saya sampaikan permintaan maaf saya yang sebesar-besarnya. Jika pun ada manfaatnya semata datangnya dari allah swt yang maha sempurna.
Hadanallahu wa iyakum ajmain hud ma sha fa wa da’ ma kadar  akhirul kalam
wassalamu’alaikum wr.wb.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger