Headlines News :
Home » » Hikmah Puasa Senin Kamis

Hikmah Puasa Senin Kamis

Written By Arwani Muhammad on Sunday, January 20, 2013 | Sunday, January 20, 2013


Puasa senin Kamis merupakan jalan untuk sukses meraih berbagai cita-cita dan keinginan !
Berikut ini adalah Beberapa Kisah tentang Puasa senin kamis.

Mantan presidenBJ Habibie dikenal sebagai orang yang selalu merutinkan puasa sunnah senin kamis . Baginya puasa senin kamis merupakan salah satu kunci sukses dalam kehidupannya.

Prof. Dr. Ir Amin Aziz, pendiri Bank Muamalat, ICMI, Baitul Mal watta’wil (BMT) dan Partai Amanat Nasional (PAN), juga orang yang selalu membiasakan diri berpuasa senin kamis dan sholat tahajjud. ” Saya rutin puasa senin kamis dan sholat tahajjud sudah puluhan tahun. Alhamdulillah kedua ibadah sunah di atas berdampak positif dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi saya”

Pimpinan Majlis Az Zikra, ust Muhammad Arifin Ilham, sejak muda selalu rajin puasa sunah senin kamis. Ia selalu mengamalkan tujuh sunnah harian rasulullah SAW, dan salah satunya yaitu puasa sunnnah senin kamis.

Slah satu tokoh yang selalu berpuasa senin kamis adalah penyani Ivo Nilakhresna. Ibu aktris Astri Ivo itu mengaku sudah 20 tahun selalu puasa senin kamis dan alhamdulillah saya jarang sekali sakit walau kini usia saya 67 tahun.
Hikmah lain yang tak kalah pentingnya yaitu, puasa senin kamis meurpakan suatu jalan untuk meraih berbagai hajat / keinginan kita. Saya telah buktikan dalam hidup saya, betapa banyak keinginan dan cita-cita yang tercapai lantaran saya puasa senin kamis. Padahal kalau dihitung-hitung secara logika, rasanya sangat tidak masuk akal.

RAHASIA PUASA SENIN KAMIS

Rasulullah SAW bersabda ” puasalah engkau, niscaya akan sehat. Sabda beliau diucapkan 15 abad silam, ketika dunia medis kedokteran belum maju dan secanggih sekarang. Dan sabda Rasul itu terbukti kebenarannya.

Dan Beberapa Manfaat Puasa Senin Kamis Sendiri adalah :

Puasa membawa manfaat yang banyak, baik secara fisik, akal pikiran dan jiwa diantaranya:
Tazkiyatun Nafs (Menyucikan Jiwa)

Yakni menyucikan jiwa dari sifat-sifat dusta, berkata kotor. Bisa saja orang berkata sedang berpuasa padahal barusan saja dia makan dan minum. Orang yang berpuasa berlatih menyingkirkan sifat dusta dan menjunjung kejujuran. Sebenarnya, kejujuran dapat membantu kita meraih kehidupan yang lebih baik di kemudian hari. Bahkan hanya bermodalkan kejujuran saja bisa memulai berbisnis. Pejabat yang jujur tentunya akan lebih amanah. Nah, kejujuran sangatlah sangat penting.
Menyehatkan badan

Puasa dapat mengistirahatkan organ pencernaan di tubuh kita. Misalkan kita sarapan nasi goreng pada jam 7 pagi. Pada saat menelannya, nasi tersebut masuk melalui pipa eshopagus menuju lambung. Didalam lambung, nasi itu dicerna selama 4 jam sambil sedikit demi sedikit diteruskan ke usus halus. Hal ini terjadi terus menerus sampai lambung kosong. Setelah itu, nasi tadi dicerna oleh usus halus selama 4 jam. Setelah itu, barulah nasi yang sudah berubah wujudnya menjadi molekul diserap sarinya oleh tubuh kita.

Jadi, untuk memproses makanan pencernaan kita butuh 8 jam (akan kosong pada jam 3 sore). Padahal, kita makan siang pada jam 12. Dan begitu seterusnya hingga makan malam. Belum lagi kalau kita makan cemilan diantara jam jam makan itu. Ibarat mesin, pencernaan kita butuh istirahat yang cukup.

Masih banyak manfaat lain bagi kesehatan organ tubuh kita.
Belajar sabar

Saat puasa, orang yang mudah marah dibiasakan untuk menahan amarahnya. Selain itu, kita harus besabar untuk bangun sahur dan menunggu waktu berbuka. Pikiran dan kata kata yang jelek yang biasa terlintas harus kita redam. Hubungan suami istri juga harus diatur. Hampir mustahil manusia bisa melakukannya tanpa adanya sarana khusus untk belajar sabar namun sangatlah mungkin tercapai jika kita serius.

Menurunkan berat badan

Untuk Menurunkan berat badan, kita tetap harus memperhatikan pola makan diluar hari puasa. Jangan karena tidak berpuasa lalu makan secara berlebihan. Makanlah secukupnya saja. Ini juga merupakan tantangan tersendiri bagi kita diluar hari puasa. Kalau sudah terbiasa menahannya, nafsu makan akan berkurang dengan sendirinya sampai dengan batas normal. Itu saya alami sendiri.

Dan bonus bagi orang yang berpuasa sunnah adalah pahala besar dari Allah Swt. Puasa memiliki nilai khusus yang tidak dimiliki oleh ibadah ibadah lainnya karena puasa adalah untuk Allah Swt bukan untuk dirinya sendiri.

Hargai Karya tulis orang lain dan lampirkan sumbernya!

Sumber Artikel ini dari: http://hermanbagus.blogspot.com/2012/12/manfaat-puasa-senin-kamis.html#ixzz2IWo54BCt
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger