Headlines News :
Home » » Membimbing Anak Berselancar di Internet dengan Benar, Efektif, dan Efisien

Membimbing Anak Berselancar di Internet dengan Benar, Efektif, dan Efisien

Written By Unknown on Thursday, December 27, 2012 | Thursday, December 27, 2012

Browser yang semakin canggih namun semakin ringan, mesin pencarian yang semakin responsif, membuat kita harus mengerti bagaimana cara mengoptimalkan dan itu semua agar segala benar-benar tepat sesuai tujuan penggunaannya. Saya punya anak yang baru "gede". Maka hari minggu saya manfaatkan untuk mengajari bagaimana menggunakan mesin pencarian dengan efektif dan efisien. Harapannya agar dia tidak tersesat ketika mencari sesuatu dan akhirnya buang-buang waktu.

Pertama adalah saya kenalkan dengan kata kunci pencarian yang tepat. Kedua saya tunjukkan tipe-tipe file. Ketiga saya ajari bagaimana memanfaatkan alat penterjemah google. Keempat adalah memanaj file hasil download-an agar tidak semrawut dan berantakan. Itu saja.

Saya kira masih ada saja di antara pengguna internet belum menggunakan cara-cara yang benar dalam menggunakan keempat hal itu. Oleh karena itu saya sedikit berbagi cerita tentang apa yang saya biasa lakukan. Semoga kita sebagai orang tua juga bisa memberikan contoh kepada anak untuk bijak berinternet ria.

Di internet "godaan" itu besar sekali, yang diperlukan adalah fokus terhadap apa yang sedang kita cari, kita pelajari. Kadang berniat mencari tentang "A" kemudian dapat "B" atau "C" akhirnya "A" menjadi bukan fokus lagi. Ini membuat tidak efektif dan efisien. Oleh karena itu pastikan kata kunci yang kita gunakan se-spesifik mungkin, pastikan pula tipe informasi yang kita cari itu mau yang berbentuk apa (animasi, teks, presentasi, gambar, film, atau dalam bentuk yang lain). Penggunaan kata khusus (string) ini akan mengarahkan kita tepat sasaran. Misal penggunaan string "filetype: " kenali ektensi tipe file.

Kalau kebetulan saya dapati apa yang saya cari di situs tertentu, maka hal lain yang berkaitan dengan apa yang saya cari akan saya cari lagi di situs itu. Biasanya tema pencarian kita juga ada di situs tersebut. Oleh karena itu saya sering gunakan string "site: ". Misal saya akan cari secara umum tentang animasi reaksi redoks (format *.swf), pada hasil pencarian biasanya pada satu situs hanya muncul satu atau beberapa file saja, padahal selain itu biasanya juga tersedia hal lain yang masih terkait erat dengan apa yang kita cari. Sering kali pada situs induk hal itu sering tidak langsung tampak, bahkan tautannya sering tersembunyi tak teramati kita. Nah string "site: alamat situs" ditambah "filetype: swf" plus kata kunci lain, itu akan sangat membantu pengefektifan pencarian saya.

Seperti yang juga pernah saya tulis di blog ini, bahwa file-file atau informasi yang berbahasa Indonesia jumlahnya sangat terbatas, sedang yang berbahasa Inggris sangat-sangat banyak. Oleh karena itu kemampuan berbahasa Inggris (walau sedikit) sangat membantu. Kalau tidak yakin manfaatkan Google Penerjemah. Seperti tadi ketika anak saya mau mencari tentang animasi pembelajaran sains yang berjudul wujud zat, dan dia saya sarankan memanfaatkan google penterjemah, dapatlah apa yang ia cari. Otomatis pula si anak mendapat tambahan kosa kata baru dalam berbahasa Inggris. Keuntungan ganda itu.

Anak saya semakin surprise karena dia mendapatkan banyak hal terkait dengan apa yang ia cari. Selain animasi tentang "states of matter" juga mendapatkan game yang berhubungan dengan wujud zat itu. Pembelajaran semakin menyenangkan, belajar, dan bermain tidak terpisah, sambil mengasah otak. Dan karena hasil pencariannya berbahasa Inggris, sekali lagi dia harus menambah kosa kata baru. Karena main game seperti itu sifat diulang-ulang dengan sendirinya anak hafal kata tanpa disengaja untuk menghafal.

Meskipun tadinya hanya mencari animasi tentang "states of matter" ia juga mendapat animasi sains lain dari situs yang menyediakan animasi "states of matter" itu. Analoginya ketika kita ingin mencari buah, kita dapat pohonnya sekalian, dan juga "bibit" pohonnya kadang-kadang. Pengalaman menarik bukan?!

Giliran aktivitas setelah mendapati apa yang dicari. Mengunduh file, atau mendownload file sering kita lakukan asal-asalan, sering berpikir nanti saja menatanya. Pada gilirannya itu tidak sempat kita lakukan. Akibatnya hal seperti itu terulang lagi-dan-lagi. Berantakanlah file hasil download-an itu. Ini tidak menguntungkan dalam pencarian kelak. Komputer semakin terbebani dengan berantakannya data hasil download itu.

Buat anak ini adalah hal penting agar semua itu menjadi kebiasaan yang baik. Menghadapi membludaknya informasi, kepiawaian, taktik pencarian dan manajemen data akan mempolakan anak bertindak dengan efektif dan efisien. Internet adalah sumber informasi, ilmu, dan sumber pembelajaran. Eksploitasi informasi yang ada akan membuat anak semakin cerdas untuk mencari, mempelajari, mendalami, dan memanfaatkan ilmu tanpa harus tergantung pada guru. Malah bisa jadi guru semakin tertinggal dengan kepiawaian siswanya dalam mereguk ilmu kalau guru tidak juga mau banyak belajar
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger