Headlines News :
Home » » Review Book Pendidikan Neomodernisme

Review Book Pendidikan Neomodernisme

Written By Arwani Muhammad on Thursday, November 29, 2012 | Thursday, November 29, 2012

Judul buku     : Pendidikan Neomodernisme
                           (Telaah Pemikiran Fazlur Rahman)
Penulis            : M. Rikza Chamami, M.Si.
Penerbit          : Walisongo Press
Tahun terbit   : 2010
Tebal buku     : 224 halaman
Resentator     : Mohammad Arwani
NIM                : 11351104
Prodi               : Pendidikan Matematika 

Neomoderisme memberikan model pembaharuan dalam fenomena fase perkembangan dunia Islam. Neomoderisme menawarkan bentuk pembaharuan dalam tubuh Islam yang masih tetap memegang teguh tradisi dan ajaran pokok agama Islam. Karena berorientasi pada pembaharuan yang dalam islam diawali dari pendidikan. Pembaharuan pendidikan merupakan satu-satunya pendekatan untuk suatu penyelesaian problem-problem jangka panjang yang dialami masyarakat Islam saat ini. Dalam konteks pendidikan, neomodernisme memberi revisi atas pola pendidikan sekuler-rasional dan menjawab identitas pendidikan Islam sejati, yaitu yang berbasis Al-Qur’an dan Sunnah. Dapat disimpulkan bahwa neomodernisme pendidikan Islam adalah proses penanaman nilai edukatif dengan jalur kombinasi tradisi dan modernisasi.
Fazlur Rahman Sebagai pemrakarsa neomodernisme mencoba mendialogkan antara sesuatu yang lama dengan baru. Neomodernisme yang coba dikembangkan Fazlur Rahman pada hakikatnya bertujuan untuk menjembatani elemen penting, yaitu tradisi dan modernisasi yang selama ini dipertentangkan oleh cendikiawan muslim. Sesuai apa yang telah dijelaskan tentang neomodernisme adalah mencoba menjembatani tradisi dan modernisasi, tradisi dan modernisasi seakan tidak pernah menjumpai titik temu. Karenanya, hal yang paling urgen dalam kaidah neomodernisme yaitu menghindarkan pembuangan warisan budaya lamadan menghiasinya dengan pola pembaharuan.
 Dalam buku yang ditulis oleh M. Rikza Chamami, M.Si, Dosen Studi Karya Tulis Ilmiah IAIN Walisongo Semarang ini, diungkapkan bahwa Fazlur Rahman membagi problem pendidikan telah dicontohkan pada kasus pendidikan di Pakistan melalui empat langkah sebagai berikut. Pertama adalah identifikasi terhadap pendidikan umat Islam ketika itu. Kedua adalah menemukan problem pendidikan di Pakistan. Ketiga adalah mencari rujukan Al-Qur’an dan Al-Hadist. Keempat Identifikasi terhadap pendidikan umat Islam di Pakistan yang dilakukan Fazlur Rahman, waktu itu telah ditemukan suatu problem utama, yaitu probem ideologis.
Dalam buku ini, secara garis besar dibagi menjadi lima bab yang terdiri dari 18 sub bab. Di dalam buku ini tidak hanya memberitahukan bagaimana pemikiran Fazlur Rahman tentang neomodernisme. Akan tetapi, terdapat kajian yang mendalam terutama dalam aspek pendidikan seputar hukum, sosial, dan politik. Seluruh telaah pemikiran Fazlur Rahman yang diceritakan dalam buku ini merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh si pembaca, karena di dalamnya memuat model pembaharuan pendidikan Islam. Dengan demikian, pembaca dapat mengetahui sejarah dan implikasi neomodernisme dalam pendidikan Islam. Maka dari itu, buku ini sangat cocok sekali bagi tambahan wawasan mahasiswa.  

Pendidikan bagi Fazlur Rahman adalah pokok utama yang harus dikedepankan dalam semua bentuk pembaharuaan Islam. Model pendidikan ini cukup mampu menjembatani ketertinggalan dinamika pemikiran Islam atau Klaim kemandulan budaya piker masyarakat muslim.
Menurut saya kekurangan pada buku ini adalah penulis terlalu banyak menggunakan bahasa- bahasa ilmia sehingga sulit dipahami oleh pembaca pemula. Meski demikian buku ini tetaplah menarik untuk dibaca.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger