Headlines News :
Home » » RPP KKPI XII

RPP KKPI XII

Written By Unknown on Monday, October 8, 2012 | Monday, October 08, 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah    :  ………………………….
Mata Pelajaran    :  Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi 
Kelas/Semester     :  XII / I

Standar Kompetensi   
Mengoperasikan PC dalam jaringan
Kompetensi Dasar
Menginstall software jaringan                 
   
Alokasi Waktu        : ... x 45 menit

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjelaskan latar belakang dan sejarah jaringan
Siswa mampu mendiskripsikan jenis-jenis jaringan
Siswa mampu menjelaskan topologi jaringan
Siswa mampu mendiskripsikan protokol jaringan
Siswa dapat menjelaskan tipe jaringan

Karakter siswa yang diharapkan :    

Disiplin ( discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( cooperation )
Toleransi ( tolerance )
Percaya diri ( confidence )
Keberanian ( bravery )

Materi Pembelajaran
1.    Latar belakang dan sejarah jaringan
2.    Jenis-jenis jaringan
3.    Topologi jaringan
4.    Protokol jaringan
5.    Tipe jaringan

Metode Pembelajaran
Ceramah dan multimedia
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.    Kegiatan Pendahuluan
Guru memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan
Guru memaparkan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi bagi siswa
Siswa memahami tujuan yang akan dicapai dan mempersiapkan diri menerima pelajaran
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
        Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
mendeskripsikan latar belakang dan sejarah jaringan
memaparkan jenis-jenis jaringan
menjelaskan tentang topologi jaringan
menjelaskan tentang protokol jaringan
memaparkan tipe-tipe jaringan
b.    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
guru membagikan/memberikan bahan ajar.
siswa mempelajari bahan ajar dan mendiskusikannya dengan guru dan siswa lainnya.
Siswa berdiskusi kelas (dibimbing guru) mengenai jenis-jenis jaringan komputer
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri, keuntungan dan kerugian dari masing-masing topologi jaringan.
siswa dan kelompoknya mendiskusikan IP Address dan mempresentasikan secara klasikal
bagi siswa yang belum mampu memahami bahan ajar, maka mereka diberi kesempatan untuk bertanya pada guru yang bersangkutan
c.    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.    Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran,
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Sumber Belajar
Komputer
Internet
Modul belajar “Aktual” KKPI Kelas XII
Buku referensi lain yang relevan

Penilaian           
Jenis tes    : tertulis
Bentuk tes    : obyektif, isian, dan uraian   




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah    :  ………………………….
Mata Pelajaran    :  Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Kelas/Semester     :  XII / I

Standar Kompetensi   
Mengoperasikan PC dalam jaringan
Kompetensi Dasar
Mengoperasikan PC dengan sistem operasi
                
   
Alokasi Waktu        : ... x 45 menit
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan instalasi dan konfigurasi LAN pada sistem operasi windows
Siswa dapat menguji jaringan
Siswa dapat menjelaskan pengertian dan manfaat sharing device
Siswa dapat melakukan sharing folder, printer, hard disk dan CD Room Drive
Siswa mampu mengcopy file dalam jaringan
Siswa mampu mencetak dokumen menggunakan sharing printer

Karakter siswa yang diharapkan :    

Disiplin ( discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( cooperation )
Toleransi ( tolerance )
Percaya diri ( confidence )
Keberanian ( bravery )

Materi Pembelajaran
Instalasi dan konfigurasi LAN pada sistem operasi windows
Menguji jaringan
Pengertian dan manfaat sharing device
Melakukan sharing folder, printer, harddisk dan CD room drive
Mengopi file dalam jaringan
Mencetak dokumen menggunakan sharing printer

Metode Pembelajaran
Ceramah dan multimedia
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
Guru memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan
Guru memaparkan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi bagi siswa
Siswa memahami tujuan yang akan dicapai dan mempersiapkan diri menerima pelajaran
Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
        Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
menjelaskan mengenai instalasi dan konfigurasi LAN
menjelaskan mengenai menguji jaringan
mendeskripsikan pengertian dan manfaat sharinf device
memaparkan tentang cara melakukan sharing folder, printer, harddisk, dan CD room
menjelaskan cara mengopi file dalam jaringan
menjelaskan cara mencetak dokumen menggunakan sharing printer
b.    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
guru membagikan/memberikan bahan ajar kepada siswa
siswa mempelajari bahan ajar dan mendiskusikannya dengan guru dan siswa lainnya
siswa dengan kelompoknya mempraktikkan cara menginstal dan mengkonfigurasi Network Interface Card (NIC)
siswa mengkaji lebih dalam tentang materi menguji jaringan
siswa (dibimbing guru) mendiskusikan pengertian dan manfaat saharing device
siswa dengan kelompoknya masing-masing mempraktikkan cara melakukan sharing folder, priter, harddisk dan CD room
bagi siswa yang belum mampu memahami bahan ajar, maka mereka diberi kesempatan untuk bertanya pada guru yang bersangkutan
c.    Konfirmasi
  Dalam kegiatan konfirmasi:
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran,
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Sumber Belajar
Komputer
Internet
Modul “Aktual” KKPI Kelas XII
Buku referensi lain yang relevan

Penilaian           
Jenis tes    : tertulis
Bentuk tes    : obyektif, isian, dan uraian   






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah    :  ………………………….
Mata Pelajaran    :  Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Kelas/Semester     :  XII/ I

Standar Kompetensi   
Mengoperasikan web-design
Kompetensi Dasar
Mengoperasikan web-browser
                
   
Alokasi Waktu        : ... x 45 menit

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu memahami pengertian internet
Siswa mampu melakukan koneksi dengan internet
Siswa mampu mengoperasikan koneksi internet
Siswa mampu mendeskripsikan web browser
Siswa mampu memahami alamat internet dan hiperlink
Siswa mampu menyimpan file halaman web
Siswa dapat mencetak file hasil browsing

Karakter siswa yang diharapkan :    

Disiplin ( discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( cooperation )
Toleransi ( tolerance )
Percaya diri ( confidence )
Keberanian ( bravery )

Materi Pembelajaran
Pengenalan internet
Koneksi internet
Mengoperasikan koneksi internet
Mengenal web browser
Memahami alamat internet dan hyperlink
Menyimpan file halaman web
Mencetak file hasil browsing

Metode Pembelajaran
Ceramah dan multimedia
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Guru memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan
Guru memaparkan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi bagi siswa
Siswa memahami tujuan yang akan dicapai dan mempersiapkan diri menerima pelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
        Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
menjelaskan mengenai internet dan koneksinya
memaparkan tentang cara mengoperasikan koneksi internet
menjelaskan web browser
menjelaskan tentang alamat internet dan hyperlink
menjelaskan cara menyimpan file halaman dan mencetak file hasil browsing
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
guru membagikan/memberikan bahan ajar/materi kepada siswa
siswa mempelajari bahan ajar dan mendiskusikannya dengan guru dan siswa lainnya
siswa mengkaji lebih dalam materi pengenalan internet dan koneksinya
siswa secara berkelompok (dibimbing guru) berlatih mengoperasikan koneksi intenet
siswa dapat memahami alamat internet dan hyperlink dengan praktik dengan dibantu penjelasan dari guru
siswa mempraktikkan menyimpan file halaman web dan mendownload serta mencetaknya
bagi siswa yang belum mampu memahami bahan ajar, maka mereka diberi kesempatan untuk bertanya pada guru yang bersangkutan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran,
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Sumber Belajar
Komputer
Internet 
Modul “Aktual” KKPI Kelas XII
Buku referensi lain yang relevan

Penilaian           
Jenis tes    : tertulis
Bentuk tes    : obyektif, isian, dan uraian   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah    :  ………………………….
Mata Pelajaran    :  Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Kelas/Semester     :  XII / I

Standar Kompetensi   
Mengoperasikan web-design
Kompetensi Dasar
Mengoperasikan software email client
   
Alokasi Waktu        : ... x 45 menit

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjelaskan definisi email
Siswa mampu mendeskripsikan variasi bentuk komunikasi dengan email
Siswa mampu mendiskripsikan etika penulisan email

Karakter siswa yang diharapkan :    

Disiplin ( discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( cooperation )
Toleransi ( tolerance )
Percaya diri ( confidence )
Keberanian ( bravery )

Materi Pembelajaran
Definisi email
Variasi bentuk komunikasi dengan email
Etika penulisan email

Metode Pembelajaran
Ceramah dan multimedia
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Guru memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan
Guru memaparkan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi bagi siswa
Siswa memahami tujuan yang akan dicapai dan mempersiapkan diri menerima pelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
        Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
mendeskripsikan perizinan usaha
memaparkan tentang surat menyurat
menjelaskan tentang pencatatan transaksi barang dan jasa
menjelaskan tentang pencatatan transaksi keuangan
memaparkan pajak pribadi dan pajak usaha
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
guru membagikan/memberikan bahan ajar/materi kepada siswa
siswa mempelajari bahan ajar dan mendiskusikannya dengan guru dan siswa lainnya
siswa dibantu guru merumuskan pengertian/definisi Email
siswa berdiskusi kelas membahas variasi bentuk komunikasi dengan Email
siswa mengkaji bahan materi etika penulisan Email lebih dalam
bagi siswa yang belum mampu memahami bahan ajar, maka mereka diberi kesempatan untuk bertanya pada guru yang bersangkutan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran,
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Sumber Belajar
Komputer
Internet
Modul “Aktual” KKPI Kelas XII
Buku referensi lain yang relevan

Penilaian           
Jenis tes    : tertulis
Bentuk tes    : obyektif, isian, dan uraian   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah    :  ………………………….
Mata Pelajaran    :  Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi 
Kelas/Semester     :  XII / I

Standar Kompetensi   
Mengoperasikan web-design
Kompetensi Dasar
Mengoperasikan software email client                 
   
Alokasi Waktu        : ... x 45 menit

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjelaskan pengertian outlook
Siswa mampu mengoperasikan outlook untuk pengelolaan Email
Siswa mampu melakukan pengelolaan personal address book
Siswa mampu menambah alamat Email ke outlook

Karakter siswa yang diharapkan :    
Disiplin ( discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( cooperation )
Toleransi ( tolerance )
Percaya diri ( confidence )
Keberanian ( bravery )

Materi Pembelajaran
Pengenalan outlook
Outlook untuk pengelolaan Email
Out of office assistant
Forward pesan
Pemakaian signature
Pengelolaan personal address book
Menambah alamat Email ke outlook

Metode Pembelajaran
Ceramah dan multimedia
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Guru memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan
Guru memaparkan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi bagi siswa
Siswa memahami tujuan yang akan dicapai dan mempersiapkan diri menerima pelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
        Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
mendeskripsikan pengenalan outlook
menjelaskan outlook untuk pengelolaan Email
mendeskripsikan out of office assitant
menjelaskan mengenai forward pesan
memaparkan pemakaian signature
menjelaskan personal address book
menambah alamat email ke outlook
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
guru membagikan/memberikan bahan ajar/materi kepada siswa.
siswa mempelajari bahan ajar dan mendiskusikannya dengan guru dan siswa lainnya.
Siswa diminta guru untuk menjelaskan bagian-bagian dari outlook
Siswa diminta membuat pesan baru pada outlook dengan langkah-langkah yang benar
siswa berlatih/praktik mengelola personal address book/alamat Email
bagi siswa yang belum mampu memahami bahan ajar, maka mereka diberi kesempatan untuk bertanya pada guru yang bersangkutan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran,
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Sumber Belajar
Komputer
Internet
Modul belajar “Aktual” KKPI Kelas XII
Buku referensi lain yang relevan

Penilaian           
Jenis tes    : tertulis
Bentuk tes    : obyektif, isian, dan uraian   


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah    :  ………………………….
Mata Pelajaran    :  Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Kelas/Semester     :  XII / I

Standar Kompetensi   
Mengoperasikan web-design
Kompetensi Dasar
Mengoperasikan software email client
                
   
Alokasi Waktu        : ... x 45 menit
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendefinisikan aplikasi web email
Siswa dapat medeskripsikan langkah-langkah membuat alamat email
Siswa dapat melakukan cek email
Siswa dapat mengirim email

Karakter siswa yang diharapkan :    

Disiplin ( discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( cooperation )
Toleransi ( tolerance )
Percaya diri ( confidence )
Keberanian ( bravery )

Materi Pembelajaran
Aplikasi web Email
Langkah-langkah membuat alamat Email
Mengecek Email
Mengirim Email

Metode Pembelajaran
Ceramah dan multimedia
Diskusi
Tanya jawab
Penugasan

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Guru memeriksa kehadiran siswa dan kebersihan
Guru memaparkan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi bagi siswa
Siswa memahami tujuan yang akan dicapai dan mempersiapkan diri menerima pelajaran
Kegiatan Inti
Eksplorasi
        Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
menjelaskan tentang aplikasi web Email
memaparkan langkah-langkah membuat alamat Email
menjelaskan cara mengecek dan membuat Email
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
guru membagikan/memberikan bahan ajar/materi kepada siswa.
siswa mempelajari bahan ajar dan mendiskusikannya dengan guru dan siswa lainnya
siswa (dibimbing guru) berlatih/mempraktikkan membuat alamat Email
siswa mempraktikkan cara mengecek Email
siswa berlatih mengirim, membaca, dan membalas Email
bagi siswa yang belum mampu memahami bahan ajar, maka mereka diberi kesempatan untuk bertanya pada guru yang bersangkutan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran,
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Sumber Belajar
Komputer
Internet
Modul “Aktual” KKPI Kelas XII
Buku referensi lain yang relevan

Penilaian           
Jenis tes    : tertulis
Bentuk tes    : obyektif, isian, dan uraian   
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger