Headlines News :
Home » » Tips Sederhana Belajar Merakit Komputer

Tips Sederhana Belajar Merakit Komputer

Written By Unknown on Saturday, January 19, 2013 | Saturday, January 19, 2013

Anda punya keinginan belajar merakit komputer sendiri, tetapi anda belum tahu sama sekali bagaimana agar suatu ketika anda bisa melakukannya. Disini KF akan memberikan tips untuk anda dan bukan trik atau cara yang KF sampaikan secara lansung tentang cara merakit komputer agar nantinya tips yang KF berikan ini menjadi bahan dasar bagi anda supaya anda dapat mempelajari sampai merakit komputer sendiri dengan mudah.
Berbicara tentang komputer dan untuk menjadi seorang teknisi bukanlah hal yang mudah kita pikirkan dan bayak orang yang gagal kerena melakukan secara terburu-buru. Oleh karena itu apabila anda ingin tahu bagaimana merakit komputer sendiri setidaknya ada beberapa hal yang harus anda pelajari. Namun tips yang akan KF sampaikan ini hanya sebuah gambaran umum yang pernah KF pelajari sebelumnya, kira-kira awalnya pada tahun 2007-2008.
Dulu awalnya mungkin KF sama seperti anda bisa mengoperasikan komputer tetapi ketika komputer yang KF miliki rusak atau ingin mengganti alat-alat komputer seperti motherboard dan lain-lain, KF sangat merasa kesulitan dan mahu tidak mahu harus membawanya ke tempat service atau teman yang bisa dalam hal ini. Dari rasa penasaran, KF punya keinginan belajar sendiri dan akhirnyapun sedikit demi sedikit yang pernah KF pelajari sampai sekarang ini menjadi modal bagi KF sebagai salah satu pekerjaan dalam mencari nafkah selain pekerjaan lain yang hari-hari KF lakukan jika ada yang membutuhkan perbaikan komputer hehe..walaupun demikian KF bukanlah seorang master komputer, KF hanyalah orang biasa dan masih sama seperti anda, maka dari itu mari kita belajar bersama.
Ada beberapa tips merakit komputer dari KF yang harus anda ketahui dan anda pelajari adalah sebagai berikut :
Pertama, anda harus punya niat dan jangan mempelajari dengan memaksa keadaan, karena jika anda memaksa diri dan tidak berbakat dalam hal ini maka anda akan mengalami berbagai kesulitan dan pada akhirnya akan merasa bosan dan menjauh untuk mempelajarinya.
Kedua, tips sederhana yang harus anda pelajari yaitu mengenal bagian-bagian atau komponen dari CPU (Central Processing Unit), jika kesulitan dalam hal ini jangan pernah malu bertanya kepada meraka yang tahu dan bisa atau anda dapat mencari reverensi dangan membeli buku dan atau melakukan browsing lewat internet.
Ketiga, keberanian atau modal nekat dalam arti bahwa anda harus mencoba melakukan tanpa campur tangan orang lain, contoh sederhana belajar merawat komputer dengan cara membongkar pasang casing, kemudian membersihkah CPU dari debu dan lain-lain, hal ini dimaksudkan agar anda terbiasa dalam bongkar pasang, walaupun sangat sederhana tanpa anda sadari karena sering melakukan maka anda akan bisa dengan sendirinya.
Keempat, perhatikan letak bagian-bagian atau komponen dalam casing seperti motherboard, Prosessor, Memori, Power Supply, Drive dll, atau boleh perlu gambarkan pada sebuah kertas posisi dari komponen komputer dalam casing supaya mudah diingat kembali.
Kelima, setelah anda melihat lansung letak bagian-bagian atau komponen pada poin keempat, cobalah sekali-sekali lakukan bongkar pasang dan yang harus anda perhatikan adalah tempat letak dan bagian komponen ditempatkan pada casing (lihat kembali pada gambar jika sudah menggambarkan contoh letak komponen komputer), lakukan secara berkala jika anda punya waktu yang tepat.
Keenam, pada poin kelima diatas jika merasa kesulitan cobalah bergabung dengan para teknisi komputer atau jika punya teman dekat yang bisa dalam hal merakit komputer, sesering kali ikut bergabung ketika sedang membongkar atau merakit komputer dan lihat atau perhatikan apabila mereka sedang bongkar pasang CPU.
Ketujuh, akan lebih baik apabila anda punya modal dalam arti (ongkos/biaya) coba beli 2 CPU dengan komponen yang sama didalamnya, kemudian bongkar semua bagian dari komputer antara salah satu CPU yang anda miliki dan pasang kembali bagian-bagian atau komponen komputer dengan melihat posisi dari bagian komponen CPU yang satunya masih dalam keadaan terpasang utuh. 
Kedelapan, setelah melakukan bongkar dan pasang kembali komponen komputer didalam casing point yang harus diperhatikan adalah jangan lupa lihat sambungan kabel konektor dari switch di panel depan casing. Maksudnya disini kabel konektor dari casing yang disambung ke motherboard. Bila anda masih bingung kabel yang dimaksud adalah seperti kebel  power, reset dll (apabila hanya mencoba melakukan bongkar pasang pada satu CPU saja dan tanpa contoh yang dijelaskan pada langkah ketujuh), biasanya sudah terdapat pada buku manual saat membeli motherboard.
Kesembilan, periksa kebel yang mengarah pada arus listrik dan pasang dengan benar, lalu perhatikan juga kabel monitor yang menghubungkan ke VGA Card pada motherboard, serta letak port keyboard dan mouse, kemudian coba hidupkan. 
Kesepuluh, hindari kesalahan dalam merakit/memasang saat bongkar pasang komponen dari komputer, karena akan berakibat fatal jika anda melakukan kesalahan. Hal ini merupakan pengalaman pribadi dari KF ketika salah melakukan pemasangan komputer milik KF terbakar dan akhirnya harus beli alat baru.
Sebelas, pada langkah ketujuh diatas saya sarankan jika tidak punya modal dalam arti yang cukup, beli komputer bekas saja atau second dengan harga yang bisa terjangkau dikota anda.
Duabelas, dari tips yang sudah saya jelaskan diatas lakukan secara rutin, apabila tidak punya waktu yang tepat carilah kesempatan bila anda tidak sibuk. 
Tigabelas, (poin penting) dalam mempelajari hal tersebut lakukan secara bertahap dan jangan terburu-buru dan atau jangan sampai anda gagal.
Dengan demikian dari beberapa tips yang telah KF sampaikan dapat menjadi modal awal anda dalam merakit komputer sendiri dan semoga dapat bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger