Headlines News :
Home » » Meremote Komputer menggunakan TeamViewer

Meremote Komputer menggunakan TeamViewer

Written By Arwani Muhammad on Wednesday, November 21, 2012 | Wednesday, November 21, 2012

TeamViewer merupakan program yang digunakan untuk akses PC secara remote melalui internet. Program ini termasuk mudah digunakan dan sederhana, dan salah satu keunggulan dari program ini adalah dapat dikonsumsi secara GRATIS :-) . . .
TeamViewer ini kompatibel dengan semua jenis Windows dari Win98 - Win7, bisa dipakai di Mac OS X juga.
Sebelumnya maaf nih ya, sebenarnya saya juga baru pengen belajar nih yang namanya remote - meremote. En Pas Gugling, eh nemunya cara remote pake TeamViewer ini. nah disini saya mau bagi-bagi pengalaman memakai TeamViewer.
Versi TeamViewer yang saya install kali ini adalah TeamViewer versi 6. Yang belum donlot, silakan ambil di www.TeamViewer.com. Untuk instalasi ya standar aja kok, ngga susah. Cuma next-next doank. Meski begitu, saya coba jelasin sedikit-sedikit deh tentang instalasi yang telah saya lakukan.
Sekedar info aja, saat install TeamViewer ini saya install langsung di komputer saya. Namun bagi yang pengen cuma nyoba aja tanpa dipasang di komputer, TeamViewer ini juga bisa dijalankan tanpa diinstall kok.
Begini nih ceritanya :
Pas saya pertama me-run setup-annya, ditampilkan pilihan untuk install atau cuma run aja.
Nah, karena kebutuhan untuk belajar lebih mendalam, saya  memilih install di komputer saya. Silakan kalau memang mau cuma sekedar nyoba tanpa install, silakan pilih run. Jika sudah menentukan pilihan anda maka klik Next aja. Kita beranjak ke langkah berikutnya.
Nah, jika kita memilih untuk menginstall TeamViewer, maka selanjutnya TeamViewer nyuruh kita milih pilihan kebutuhan kita untuk TeamViewer, mau dipakai secara personal atau yang company, atau keduanya.
Karena saya untuk keperluan remote pribadi saya, maka pilih pilihan paling atas, yakni personal / non commercial use. Alasan lain saya memilih personal, karena konon yang personal itu GRATIS :-). Dan yang company itu berbayar :-(. Setelah menentukan pilihan, klik Next.
Selanjutnya TeamViewer  meminta Anda untuk menentukan apakah mau langsung  melakukan remote komputer setelah instalasi atau melakukannya nanti saja sesuka hati Anda.

Pilih No dulu aja, kan settingannya bisa diubah kapan-kapan. Jadi kalau nanti mau meremote komputer lain atau sebaliknya, kita setting pas kita me-run TeamViewernya. Next deh.
Klik install, tunggu, dan nanti akan secara otomatis me-run TeamViewer 6. Ini tampilan utamanya :
 
Seperti yang saya katakan sebelumnya di awal, TeamViewer ini program yang digunakan untuk meremote komputer dengan koneksi internet. Nah, gambar di atas adalah contoh tampilan awal jika belum ada koneksi internet di komputer Anda.
Jika sudah ada koneksi internet, maka akan ada pesan “siap dikoneksikan (koneksi aman)”, dan secara otomatis Anda akan mendapat ID dan dan kata sandi. Nah, mungkin Anda berpikir apakah password tersebut bisa diganti? Tentu bisa. Tinggal klik ke kotak kata sandi, terus klik “tetapkan kata sandi yang ditentukan pengguna”. Kemudian ikuti saja petunjuk di dalamnya.
 
Nah terus, kalau sudah siap seperti ini, melalui TeamViewer ini kita bisa ngapain aja ya?? Ini deh saya sedikit jelasin fitur-fiturnya. Tapi sebelumnya, perlu dikatehui untuk menggunakan TeamViewer ini kedua komputer yang akan dikoneksikan harus tersambung ke internet, juga harus terinstall TeamViewer dengan versi yang sama.
Adapun Fitur utama TeamViewer ini adalah:
  1. Kontrol Jarak Jauh (Remote)
    Disini Anda bisa meremote Desktop komputer secara langsung, mentransfer File, atau berhubungan dengan komputer lain dengan VPN.

    Ini nih contoh kalau mau ngeremote komputer lain. Untuk langkah-langkahnya, tinggal masukkan ID mitra (ID komputer yang akan diremote), pilih radio button yang “kontrol jarak jauh”, and then klik “koneksikan ke mitra”.
    Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi dari komputer yang akan diremote. Dan apabila ID dan password yang kamu masukkan cocok, tadaaaaa. . .
    Anda telah berhasil meremote komputer lain dari jarak jauh. Lakukan apa yang Anda mau lakukan layaknya berhadapan langsung dengan komputer yang Anda Remote.

    Untuk transfer file, tinggal ngubah pilihan radio button pada menu kontrol jarak jauh, pilih “transfer file”, lalu klik “koneksikan ke mitra”. Atau jika Anda sudah berhasil meremote komputer lain, bisa langsung klik transfer file yang berada tepat di bawah judul window.
    Nah, kalau udah berhasil masuk di menu transfer file, begini tampilannya :
    Untuk memindahkan File, pilih File yang akan ditransfer, lalu klik “Kirim” untuk mentransfer dari komputer lokal ke komputer yang diremote atau “Terima” untuk sebaliknya.

    Untuk Koneksi via VPN, sorry nih ngga bisa ngulas lebih lanjut. Saya belum install VPN adaptornya (dan kebetulan juga males nginstall). :-)
     
  2. Presentasi
    Fitur ini memungkinkan seseorang hanya melihat apa yang dilakukan di komputer sang presenter. Sebenarnya caranya pun sama seperti cara pada mode Kontrol jarak jauh. Nih saya jelasin dikit.
    Kalau Anda menjadi presenter, maka pastikan sudah ada peserta yang mendaftar untuk bergabung pada presentasi Anda. Lalu pada menu presentasi klik “Mulai Presentasi”
     
    Jika Anda ingin menjadi peserta presentasi dari komputer lain, maka masukkan ID komputer presenter sebagai ID mitra pada menu presentasi, kemudian klik “Bergabung dalam presentasi”
     
    Selesai deh.
    Cukup itu saja tulisan saya mengenai TeamViewer ini. Selamat mencoba.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger