Headlines News :
Home » » Penyebab Anak Terlambat Masuk sekolah

Penyebab Anak Terlambat Masuk sekolah

Written By Unknown on Saturday, February 12, 2011 | Saturday, February 12, 2011

Penyebab anak sering terlambat masuk sekolah terjadi karena beberapa hal. Bisa jadi Orang Tua atau keluarga, Lingkungan, dan si anak itu sendiri. Keterlambatan ini menyebabkan anak sering mendapatkan hukuman di sekolah alias disetrap. Dampaknya, si anak menjadi kebal dengan beragam hukuman yang diberikan oleh Guru di sekolah. Meskipun hukuman itu bertujuan membuat si anak jera dan tidak megulangi hal yang sama.

1. Faktor Keluarga.

Pernah mendengar, atau melihat kisah tentang anak keluarga miskin yang harus bersekolah sembari bekerja ? saya punya murid yang cukup cerdas, namun berasal dari keluarga miskin. Dia terpaksa membantu neneknya menjual susu sapi sebelum berangkat ke sekolah. keuntungan dari susu tersebut digunakan untuk uang saku sekolahnya. Sedikit memeng, tetapi uang itu sangat bermanfaat baginya. Saya bertanya-tanya mengapa setiap kelas saya dia selalu terlambat.

Ternyata, itulah sebab kenapa dia sering terlambat masuk sekolah. Selain itu dia berjalan kaki untuk sampai di sekolah. Hal seperti ini seharusnya tidak terjadi. seorang pelajar selalu terlambat masuk sekolah karena harus membantu orang tuanya berjualan hanya untuk memenuhi uang sakunya. Belajar dari pengalaman ini. Pihak Sekolah memberikan beasiswa kepadanya. Tentunya lebih selektif memilih siapa saja yang benar-benar membutuhkan beasiswa tersebut. Alhasil,…murid hebat itu tidak pernah terlambat lagi. Karena biaya sekolahnya lebih ringan, dan orang tuanya cukup terbantu tanpa harus melibatkan anaknya ketika menjual susu.

2. Faktor Lingkungan

Pergaulan adalah hal yang paling cepat mempengaruhi psikologi seorang anak. Terutama dengan siapa si anak berteman. Misalnya, lingkungan seorang anak berada ditengah masyarakat yang terbiasa disiplin mengatur waktu. Mulai pagi hingga malam, semuanya telah terjadwal dengan baik. Termasuk dalam mengatur sekolah anaknya.Lingkungan yang seperti ini biasanya mempengaruhi aktifitas seorang anak. Sebelum subuh sudah bangun dan melalukan aktifitas sekaligus melibatkan si anak, akan melatih si anak untuk bangun lebih awal. Jika sudah terbiasa seperti ini, cerita keterlambatan anak mungkin sudah tidak terdengar lagi.

Jika kita sebagai orang tua, tidak hidup pada lingkungan seperti itu. Maka kita bisa menciptakan lingkungan sperti itu dalam rumah mungil kita. Kerjasama antar angggota keluarga sangat dibutuhkan. anggap saja bekerja dalam tim. awalnya memabg susah, seiring kebiasaan segalanya akan terlampaui dengan baik.

3. Faktor Pribadi

Rasa malas ialah penyakit yang hanya bisa disembuhkan oleh diri kita sendiri. Bagaimanapun bentuk motofasi yang diberikan kepada si anak untuk tidak terlambat masuk sekolah, tidak akan ada gunanya jika si anak tidak menginginkan perubahan itu. Namun, sebagai orang tua kita harus belajar memahami alasan kenapa anak kita tidak mau berubah dalam hal kedisiplinan. Guru adalah orang tua kedua setelah Ayah dan Ibu. Karakter Guru bermacam-macam, yang sesuai dengan hati si anak akan jadi Guru favorit di sekolah. Begitu sebaliknya, jika Gurunya dianggap tidak asik dimata si anak maka akan menjadi orang yang sangat menyebalkan.

Karena pengalaman inilah si anak kadang menanamkan pada dirinya. Bahwa berangkat sekolah di hari Selasa tidak perlu tepat waktu. Karena Pak X yang mengajar matematika tidak asik. Mengulur waktu dengan bermalas-malasan di rumah atau mengulur waktu di kamar mandi, merupakan bentuk protes si anak. Hasinya adalah si anak sengaja berangkat terlambat ke sekolah.

singkatnya seperti itu, semoga bermanfaat. Masih banyak hal yang bisa diketahui alasan seorang siswa selalu terlambat masuk sekolah. Mengajarkan disiplin kepada anak haruslah dimulai dari orang tua yang melakukan disiplin itu pada keseharian mereka dalam sebuah keluarga. karena mengajarkan sesuatu kepada anak yang paling efektif adalah biarkan anak itu meniru segala
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger