Headlines News :
Home » » Qur'an & Terjemahan bahasa Indonesia

Qur'an & Terjemahan bahasa Indonesia

Written By Arwani Muhammad on Thursday, December 22, 2011 | Thursday, December 22, 2011

Add caption
Al-Qur'an secara bahasa berarti bacaan, secara definisi adalah kalamullah yang mulia dan terpelihara yang diturunkan oleh Allah lewat perantaraan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW dalam bahasa Arab, terdiri dari 30 juz, untuk menjadi peringatan bagi manusia.
Kitab sebelumnya adalah Taurat, Zabur dan Injil. Setiap muslim wajib mengimaninya. Namun keberadaan kitab-kitab tersebut telah banyak ditahrif, ditalbis, dan disembunyikan oleh para ahli kitab.
Pokok kandungan Al-Qur'an terdiri dari tiga hal, yaitu: Huda, bayyinat minal huda dan Furqon yang masing-masing memiliki spesifikasi dan sasaran masing-masing.

Orang-orang yang mengikuti Al-Qur'an mendapat maqom di sisi Allah sebagai Muttaqin, Ulil Albab, Ulil Abshar dan man yaksyallah. Dan balasannya adalah ketenangan dan keselamatan hidup serta kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sedangkan orang yang menentang Al-Qur'an adalah orang-orang kafir yang berhati sombong, dengki dan lebih mencintai dunia dari pada akhirat. Balasan untuk orang-orang ini adalah hidupnya terombang-ambing dalam kesesatan dan di akhirat disiksa di neraka.
Al-Qur'an adalah amanat Allah SWT kepada manusia, supaya ia memikul dan mengamalkannya dan Allah akan meminta pertanggung jawaban atas amanat ini, apakah ia menjaganya atau tidak.
Manusia yang mengenal dirinya dan Penciptanya (Allah SWT) dan mengaku beriman kepada Rukun Iman yang 6 maka tentu ia akan menjadikan Al-Qur'an sebagai petunjuk hidupnya dan menjadikannya sebagai standar hidupnya dalam rangka melaksanakan pengabdiannya kepada Allah SWT.`~Selanjutnya ia akan tumbuh menjadi manusia yang rela seluruh kehidupannya dibeli oleh Allah, sleuruh aktifitasnya berada dijalan Allah (fisabilillah), mati dan hidupnya hanya dipersembahkan kepada Allah saja. Ia senantiasa merendahkan diri dihadapan Allah (bertaubat); mengabdi kepada-Nya (beribadah); menerima dan berprasangka baik kepada_Nya (memuji-Nya); menuntut ilmu-Nya dan berperan dijalan-Nya (berpergian); taat dan patuh kepada-Nya (ruku dan sujud); menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran; dan senantiasa memelihara terlaksananya hukum-hukum Allah SWT. Manusia seperti inilah yang pantas mendapat julukan Insan Kamil.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger