Headlines News :
Home » » Membuat Makro di Excel

Membuat Makro di Excel

Written By Arwani Muhammad on Thursday, October 6, 2011 | Thursday, October 06, 2011

membuat macro excelJika Anda melakukan tugas secara berulang-ulang di Microsoft Excel, Anda dapat mengotomatisasi tugas dengan makro. Makro adalah serangkaian perintah dan fungsi (fungsi: Sebuah rumus prewritten yang mengambil nilai, melakukan operasi, dan mengembalikan sebuah nilai. Fungsi ini digunakan untuk menyederhanakan dan mempersingkat rumus pada lembar kerja, terutama yang panjang atau melakukan perhitungan yang kompleks dan disimpan dalam modul Microsoft Visual Basic (modul: Koleksi dari deklarasi, pernyataan, dan prosedur disimpan bersama sebagai satu bernama unit. Ada dua jenis modul: modul standar dan modul kelas). Makro Excel dapat dijalankan setiap kali Anda perlu melakukan tugas. Misalnya, jika Anda sering memasukkan string teks panjang dalam sel, Anda dapat membuat makro untuk format sel-sel sehingga wraps teks.


Merekam Makro

Ketika Anda merekam makro, Excel menyimpan informasi tentang setiap langkah yang Anda ambil ketika Anda melakukan serangkaian perintah. Anda kemudian menjalankan makro untuk mengulang, atau "menjalankan kembali" perintah. Jika Anda membuat kesalahan ketika Anda merekam macro, koreksi yang Anda buat juga direkam.

Membuat makro mudah untuk dijalankan

Anda dapat menjalankan makro oleh memilih dari daftar pada kotak dialog Makro. Untuk membuat makro berjalan setiap kali Anda mengklik tombol tertentu atau tekan kombinasi tombol tertentu, Anda dapat menetapkan makro untuk tombol toolbar, shortcut keyboard (tombol pintas: Fungsi kombinasi tombol atau tombol, seperti F5 atau CTRL + A, yang Anda gunakan untuk melaksanakan perintah menu. Sebaliknya, kunci akses adalah kombinasi tombol, seperti ALT + F, yang bergerak fokus ke menu, perintah, atau kontrol atau objek grafis pada lembar kerja.

Mengelola macro 

Setelah Anda merekam makro, Anda dapat melihat kode makro dengan Visual Basic Editor (Microsoft Visual Basic Editor: Sebuah lingkungan di mana Anda dapat mengedit macro bahwa Anda telah dicatat dan menulis macro baru dan Visual Basic untuk program Aplikasi) untuk mengoreksi kesalahan atau mengubah apa yang tidak harus di jalankan makro. Misalnya, jika Anda ingin makro teks pembungkus juga untuk membuat teks tebal, Anda bisa merekam makro lain untuk membuat sel lain dan kemudian salin petunjuk dari makro ke makro teks pembungkus.

Visual Basic Editor adalah program yang dirancang untuk membuat menulis dan mengedit kode makro mudah bagi pemula, dan menyediakan banyak Bantuan online. Anda tidak perlu untuk mempelajari bagaimana program atau menggunakan bahasa Visual Basic untuk membuat perubahan sederhana untuk macro Anda. Dengan Visual Basic Editor, Anda dapat mengedit macro, macro salinan dari satu modul ke yang lain, menyalin macro antara buku kerja yang berbeda, mengubah nama modul yang menyimpan macro, atau mengubah nama makro.

Keamanan Makro

Excel memberikan perlindungan yang membantu melindungi terhadap virus (virus: Suatu program komputer atau makro bahwa "menginfeksi" file komputer dengan menyisipkan salinan dirinya ke dalam file tersebut. Bila file yang terinfeksi terisi ke dalam memory, virus ini dapat menginfeksi file lainnya. Virus sering efek samping berbahaya) bahwa dapat ditularkan melalui macro.. Jika macro Anda berbagi dengan orang lain, Anda dapat sertifikasi mereka dengan tanda tangan digital (digital signature: Sebuah elektronik, enkripsi berbasis, cap aman dari otentikasi pada makro atau dokumen. Tanda tangan ini menegaskan bahwa makro atau dokumen berasal dari penandatangan dan memiliki tidak diubah) sehingga pengguna lain dapat memastikan bahwa mereka berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Setiap kali Anda membuka workbook yang berisi makro, Anda bisa memverifikasi sumber sebelum Anda mengaktifkan mereka.


Read more: http://hanya-kutipan.blogspot.com/2010/04/membuat-makro-di-excel.html#ixzz1ZyUkfGHj
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger