Headlines News :
Home » » Hati-hati saat Melepas Flash Drive

Hati-hati saat Melepas Flash Drive

Written By Arwani Muhammad on Monday, June 27, 2011 | Monday, June 27, 2011



Saat kita menghubungkan flash disk, memory card, harddisk external ataupun
flash drive lainnya, spAcer mungkin mengenali adanya ikon Safely Remove Hardware berbentuk tanda panah berwarna hijau (pada Windows XP) atau flashdisk dengan checklist berwarna hijau (pda Vista dan Windows 7) yang terletak di pojok bawah sebelah kanan taskbar Windows. Namun, masih banyak spAcer yang mengacuhkan fitur ini dan langsung mencabut flash drive begitu saja. Padahal, jika hal tersebut dilakukan, maka ada kemungkinan file ataupun data kita yang berada di dalam flash drive menjadi corrupt alias rusak.

Fitur Safely Remove Hardware ini adalah program dari Windows yang gunanya ‘memberitahu’ sistem operasi di PC-mu saat kamu akan melepas perangkat USB dari PC. Dengan menjalankan program ini, maka Windows akan menghentikan koneksi antara perangkat USB dengan komputer, sehingga saat dicabut, tidak ada file atau data yang rusak. Program ini juga menjaga kita dari kemungkinan melakukan hal-hal yang akan merusak data atau file, misalnya kita mencabut perangkat USB saat sedang meng-copy atau memindahkan data dari perangkat USB ke PC atau sebaliknya.

Program ini bisa dijalankan dengan 2 cara:

  1. Klik icon Safely Remove Hardware yang ada di taskbar sekali, dan pilihlah flash drive yang ingin kamu lepas dari PC, atau
  2. Masuk ke My Computer, kemudian klik kanan pada ikon flash drive yang mau dicabut, lalu klik eject.

Bila kita menjalankan program ini, kemudian muncul peringatan bahwa perangkat USB belum bisa dilepas, ini berarti masih ada aplikasi yang mengakses atau menggunakan data yang ada di perangkat USB kamu. Jangan memaksa untuk langsung mencabut perangkat USB kamu ya spAcer, salah-salah bisa-bisa data kamu malah rusak.


Jika notifikasi semacam ini muncul, tunggulah beberapa saat sebelum kamu menjalankan lagi aplikasi Safely Remove Hardware. Bila tetap tidak bisa, maka spAcer bisa menggunakan cara berikut ini: tekan Ctrl+Alt+delete bersamaan hingga keluar jendela task manager, lalu klik ‘Processes’. Setelah itu lihat bila ada proses yang sedang berjalan dan berasal dari flash drive yang ingin kamu cabut. Klik pada proses tersebut dan klik ‘End process’ setelah itu barulah cabut flash drive dari PC kamu.

Nah, setelah mengetahui pentingnya aplikasi safely remove hardware, kini spAcer harus lebih berhati-hati sebelum melepas flash drive dari PC. Jangan sampai data kamu yang penting dan berharga rusak karena flash drive langsung dicabut begitu saja.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Situs-situs Terkait

Music

 
Support : Muhammad Arwani Proudly powered by Blogger
Copyright ; 2012. Agama tanpa ilmu pengetahuan akan buta - All Rights Reserved
Copright SMK Manba'ul Huda Published by Blogger